Urutan Struktur Lagu Yang Tepat


Dalam susunan lagu yang menarik dan profesional, diperlukan cara membuat susunan lagu atau urutan struktur lagu yang tepat agar lagu sebanding dengan lagu populer dan terkenal lainnya.

Penentuan urutan lagu tidak ada aturan standar dalam susunan lagu setiap musisi punya kreatifitas masing-masing, namun ada baiknya susunan lagu dibuat sebaik mungkin dan terlihat umum seperti lagu populer lainnya yang dapat menghasilkan uang dari royalti.

Susunan lagu ini untuk digambarkan secara umum yang dapat dijadikan referensi dalam membuat lagu dengan berbagai jenis genre lagu seperti pop, slowrock, rock, pop melayu ataupun dangdut.


Berikut susunan lagu secara umum :

AWALAN – LAGU – INTI LAGU – SELINGAN – INTI LAGU - AKHIRAN

Lagu diberi awalan sebagai penanda lagu, kemudian masuk dengan lagu pertama atau bisa ditambah lagu kedua, barulah masuk di bagian inti lagu atau bagian yang diulang.

Selanjutnya untuk membuat lagu kian menarik masuklah variasi melodi pada bagian selingan, kemudian masuklah pada bagian yang diulang dalam inti lagu yang bisa diulang lebih dari satu kali dengan sedikit tambahan backing vocal, dan seterusnya masuk pada bagian akhir dari sebuah lagu.

Atau bisa juga dengan struktur lagu seperti ini :

AWALAN – LAGU – PENGHUBUNG - INTI LAGU – SELINGAN – PENGHUBUNG - INTI LAGU - AKHIRAN

Beri awalan sebelum masuk pada lagu pertama atau bisa tambah lagu bagian kedua, kemudian bisa di tambah variasi lagu dengan irama berbeda dari lagu pertama atau kedua sebagai penghubung.

Barulah kemudian masuk pada bagian inti lagu yang menjadi identitas sebuah lagu yang selanjutnya dapat di tambah dengan iringan melodi sebagai selingan setelah inti lagu.

Kemudian lagu dilanjutkan dengan masuk pada bagian penghubung atau bisa juga di mulai kelanjutanya dari bagian inti lagu.

Pengulangan pada inti lagu dapat diulang beberapa kali dengan tambahan bagian vokal yang menjadi penyanyi kedua dalam sebuah lagu atau variasi lain seperti perubahan dengan menaikkan nada, selanjutnya di bagian akhir lagu.


Selain susunan struktur lagu yang tepat, menentukan tempo juga sangat perlu untuk diperhatikan, apakah tempo keseluruhan lagu tetap atau berbeda setia bagian lagunya.  

Nah itulah beberapa susunan lagu secara umum, dan perlu di ingat susunan atau kerangka lagu ini bukan sebagai aturan wajib, namun bisa menjadikan referensi untuk menambah kreatifitas dalam menentukan urutan lagu yang baik dalam berkarya.



Posting Komentar

Komentar baru tidak diizinkan.*

Lebih baru Lebih lama

Popular Items