Mixing Dengan Plugin Izotope Neutron CPU Tetap Stabil


Cara Mengatasi Mixing Dengan Plugin Izotope Neutron Dan CPU Tidak Berat.


Halo sobat Musisi, salam jumpa Kembali dalam artikel blog ini. Pada artikel ini saya mau membahas Plugin Izotope Neutron, yang mana plugin mixing ini sangat membantu dalam menyarankan hasil mixing dengan bantuan Asisten mixing.

Bayangkan, mixing manual bisa butuh waktu berjam-jam bahkan berhari-hari, namun ini plugin dalam beberapa menit saja sudah bisa mixing, luar biasa kan.

Namun saya menemukan sebuah masalah ketika pada setiap track dipasangkan Neutron ini, kinerja CPU menjadi berat, sehingga mixing jadi terganggu dengan keluar bunyi krek-krek dan bunyi tersendat-sendat saat lagu diputar.

Kesal rasanya dengan kendala tersebut, yang tadinya saya berharap mixing jadi cepat malah hasilnya melambat, dan saat monitoring hasil mixing tidak bisa detil. Ini yang kemudian saya harus cari cara mengatasinya.

Saya pun coba dengan cara lain memakai plugin lain yang mirip dengan tampilan Neutron dan menyamakan setelannya tentunya saya berharap hasilnya sama dengan Neutron tadi, dari situlah muncul ide mixing baru saya.

Cara saya mixing pakai plugin biasa dengan setelan dari hasil Mixing Izotope Neutron :


1. Project Lagu

Bukalah project lagu yang akan sobat mixing dan pilih track di mixer DAW.

2. Masukkan Izotope Neutron

Seperti biasa saat mulai mixing, pada bagian atas tentunya masukkan plugin Izotope Neutron pada track yang ingin di mixing pada mixer DAW.

3. Mixing otomatis

Setelah ditambahkan Izotope Neutron tadi, mixing otomatis untuk memulai AI mixing dan Tunggu proses AI nya bekerja, kemudian hasil mixing yang disarankan akan ditampilkan. Hasil mixing inilah yang nantinya sobat jadikan patokan di plugin alternatifnya.

4. Plugin Alternatif

Pada kotak dibawah plugin Neutron tadi, masukkkan plugin alternatif yang sekiranya memiliki karakter yang sama dengan Neutron misalnya equalizer, compressor, dan exciter alternatif yang memiliki karakter sama sesuai dengan urutan tampilan di Neutron hasil mxingnya.

5. Setelan Mixing

Selanjutya sobat bisa atur semua setelan pada equalizer, compressor dan exciter alternatif itu dengan menyamakan dengan hasil mixing yang disarankan oleh Neutron itu ya.

6. Bandingkan Hasil Mixing

Selanjutnya coba sobat dengarkan hasil dari Mixing Neutron dan hasil mixing yang disamakan setelannya dan bandingkan hasilnya apa sudah pas, cocok atau setidaknya mendekatilah ya.
Barulah kemudian sobat bisa hapus plugin Izotope Neutron tadi dan lanjut pada track berikutnya dengan cara yang sama.


Cara ini saya terapkan sebagai alternatif untuk mengatasi beban kinerja CPU ketika mixing dengan plugin Neutron.
Meskipun kehadiran plugin Izotope Neutron dengan AI mixing nya bekerja otomatis, mudah dan cepat, namun kadang kala saya mixing tetap manual karena menurut saya, hasil mixing AI tidak selalui sesuai dengan keinginan pemilik lagu sehingga AI mixing hanya sebagai referensi dalam mixing lagu.

Lebih baru Lebih lama