Lirik Lagu Terkenal Terinspirasi Dari Ini


Halo sobat Musisi, semoga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Sobat-sobat Musisi tentu pernah merasa kurang inpirasi dalam menulis lirik lagu atau sering juga ada yang udah bikin note lagu ehh liriknya gak ketemu yang pas.

Membuat lirik lagu yang bisa menyentuh atau bisa berkesan di hati penikmat musik tentu bukan perkara mudah ya sobat, dalam sebuah lagu bisa berkali-kali ganti lirik dan malah ada sebaliknya lagu dengan lirik sederhana namun dirasa memiliki kisah yang relevan sama kehidupan pendengarnya.

Kalo diperhatikan, lirik lagu bisa dikatakan seperti alur dalam cerita ada sebab akibat dan maksud dari lirik lagu yang dibuat, jangan pula bikin lirik lagu pada bagian awal sebagai penyebab lalu di akhiri tanpa akibat, jadinya penyampaian maksud isi lirik lagu tidak dimengerti orang. Misalnya lagu dengan tema putus pacar, awalan liriknya tentu tentang hal yang romantis kemudian bagian puncaknya terjadi masalah sehingga putus dan bagian akhir apakah alur kisahnya masih berharap atau mencari pacar baru.

Inspirasi menulis lirik lagu terkenal Indonesia, Sobat Musisi perlu perhatikan hal berikut ini ya.


1. Buku

Sobat musisi sering-seringlah membaca, karena dengan kita membaca banyak hal maka wawasan semakin luas. Semua jenis buku dapat dijadikan inpirasi dengan memahami hal-hal yang dirasa berkenan atau relevan dengan kisah yang terjadi saat ini dan menyentuh dihati yang kemudian di rangkai membentuk sebuah lirik lagu.

2. Curhatan

Pernah lihatkan postingan media sosial orang lagi curhat, galau, sedih dan bahagia. Itu bisa loh dijadikan inspirasi tema dalam lirik lagu, karena itu berupa luapan perasaan. Jadi, tidak ada salahnya sesekali mendengar atau memperhatikan curhatan, apalagi curhatnya mantan minta balikan , uhss… gas segera bikin lirik lagunya.

3. Peristiwa

Jika sobat merasakan langsung atau melihat suatu peristiwa yang berkesan, itu akan memudahkan kita merangkai kata menjadi lirik lagu karena secara naluri luapan perkataan akan terasa menyentuh dan bisa sebagai kenangan yang pernah terjadi.

Misalnya lirik lagu “Ayie Batang Merao“ yang liriknya dibuat oleh penulisnya yang melihat peristiwa meluapnya air Sungai Batang Merao di Kabupaten Kerinci yang merendam banyak rumah pada januari 2024 lalu. Atau sobat bisa juga dapa inspirasi dari moment bahagia menjadi ide lirik lagu yang memberi kegembiraan.

4. Kehidupan

Coba sobat Musisi lihat kehidupan disekitar tempat tinggal, udah pasti banyak ceritanya kan. Mulai kehidupan sosial, keuangan, agama, asmara dan lainnya bisa dijadikan inspirasi lirik lagu loh, rangkailah kata bijak kehidupan menjadi alur cerita yang di beri irama yang berkesan.

5. Khayalan

Berkhayallah dengan menempatkan kita sendiri dalam cerita halu, dengan itu kitaakan menemukan ide alur lirik lagu dengan mudah. Sebagian besar lagu, liriknya terinspirasi dari khayalan dengan merangkai suatu cerita khayalan.

6. Berpergian

Sobat pernahkan berpergian naik kendaraan atau berjalan kaki sambil nyanyi-nyanyi, secara spontan, uhhuyyyyy…. jadi sebuah lagu iyakan. Itu berupa sebuah inspirasi langsung karena fokus kita saat itu hanya pada berkendaraan atau berjalan kaki. Kalo udah dapat ide seperti itu usahakan berhenti dan menepi dahulu ya, biar aman kalo mau merekam liriknya pakai HP.


Inspirasi membuat lirik lagu terkeren secara menyeluruh harus nyambung ya sobat, jangan lain dibagian awal lain pada akhiran atau alur yang kurang di mengerti.

Sobat Musisi dapat Menulis lirik lagu dengan bebas karena tidak ada acuan standar, namun sobat memperhatikan tema lagunya dan berusahan membawa pendengar memahami isi cerita dalam lirik lagunya.
Lebih baru Lebih lama