Alat Musik Dalam Lagu

 

Cara menentukan alat musik sederhana untuk mengiringi lagu atau alat musik yang biasa digunakan dalam mengiringi arransemen lagu.

Dalam sebuah lagu tentu terdapat beberapa jenis alat musik yang digunakan untuk membuat arransemen musik yang menyatu dengan genre dan tema dari lagu.

Menentukan komposisi musik bukanlah suatu hal yang mudah, seringkali musisi berulang kali mengotak atik jenis alat yang musik yang tepat dalam sebuah lagu.

Misalnya, tema lagu cinta yang sedih, maka penggunaan alat musik haruslah tidak terlalu banyak agar suasana dan rasa dari lagu menjadi lembut dan bisa menyentuh hati pendengarnya. Atau lagu yang meriah dan bahagia dengan iringan banyak alat musik. Sehingga jenis arransemen lagu harus memperhatikan penggunaan alat musik.

Penggunaan alat musik dalam sebuah lagu tidak ada aturan jumlah penggunaan, semua alat musik dapat digunakan sesuai selera pemilik lagu ataupun mengikuti selera pendengar musik. Selain itu, penggunaan alat musik pada lagu di kondisikan dengan biaya yang harus dipersiapkan untuk produksi musik.

Semakin banyak alat musik yang digunakan maka semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan seperti biaya sewa alat, biaya pemainnya, biaya mixing dan juga masteringnya. Jadi, sesuaikanlah kebutuhan alat musik dalam lagu dengan kondisi keuangan. Namun, sebagai referensi untuk membuat arransemen musik dengan ramah dikantong dengan banyak pilihan instrument dapat menggunaka jasa arransemen musik yang berkualitas dengan harga murah.

Berikut referensi alat musik yang digunakan dalam membuat lagu arransemen musik yang bagus.

1. Arransemen Musik Band

Untuk jenis lagu yang identik dengan grup band, alat musik yang digunakan tergantung dari jumlah personil band tersebut, misalnya drum, gitar 1 atau bisa juga tambahan gitar 2, keyboard dan Gitar bass serta dapat juga di tambah dengan beberapa alat musik lainya seperti string, violin, synthesizer, dan lainnya sebagai pengiring sesuai dengan aliran musik yang dimainkan oleh grup band tersebut.

Misalnya, Noah. Beberapa lagu hits Noah hanya memakai drum, gitar, keyboard dan beberapa instrument lain. Sederhana namun sangat mudah diterima pendengarnya.

2. Artis Penyanyi Solo

Untuk penyanyi solo, instrument pada sebuah lagunya berbeda-beda, ada yang memakai format band, akustik dengan fokus hanya satu atau dua alat musik dan ada juga arransemen musik nya seperti musik orkestra. Secara umum untuk penyanyi solo memakai alat musik berupa drum, gitar, keyboard, gitar bass, string dan alat musik pengiring lainya.

Misalnya. Ari lasso, penyanyi solo pria dengan beberapa lagu hits menggunakan alat musik seperti yang digunakan pada grup band. Atau lagu You Raise Me Up meski lagu dengan tempo lembut namun terasa megah dengan menggunakan banyak alat musik orkestra.


Meski penggunaan alat musik bukan menjadi ukuran lagu menjadi populer, namun sebelum membuat arransemen lagu yang dapat diterima baik oleh pendengar, maka perlu mempertimbangkan penggunaan alat musik yang sesuai dengan tema dan suasana lagu serta promosi menjadi hal utama dalam memperkenalkan karya. Sehingga dalam arransemen lagu populer satu kelompok menggunakan alat musik yang sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan.

Posting Komentar

Komentar baru tidak diizinkan.*

Lebih baru Lebih lama

Popular Items