Tempo-tempo Lagu Yang Cocok Untuk Genre Musik


Halo sobat musisi, tempo musik atau bisa juga disebut BPM (Beat Per Menit), mungkin ada yang sudah paham dengan istilah itu. Mungkin secara kasarnya gini, BPM seperti jumlah ketukan dalam satu menitnya kira-kira begitulah.

Menentukan tempo lagu itu terkadang sering membuat kita bingung, kadang sudah menetapkan tempo 85 ,tempo 95, namun setelah dinyanyikan malah ingin terasa tidak tepat, akhirnya rubah lagi tempo 98 atau tempo 92, pada sebuah lagu bisa saja dalam prosesnya gonta ganti tempo.

Ada lagu yang temponya konsisten dari awal hingga akhir lagunya, namun ada juga musisi yang membuat beberapa tempo dalam satu lagunya itu. Bisa bagian verse tempo sedang kemudian pas di bagian reff dinaikkan atau bisa juga mereka buat bagian awal cepat dan diakhiri dengan lambat, semua tergantung selera pembuat lagu itu.

Tempo dari musik yang dibikin tidak mesti sesuai suasana lagunya, tempo yang lambat pun bisa juga di buatkan lagu yang keras. Secara kasarnya, tempo hanya sebagai ketepatan dan selarasnya antara lagu dengan penyanyinya.


Tempo dari sebuah lagu yang sekiranya cocok atau mungkin yang pas kira-kira seperti ini :

1. Tempo 50 BPM sampai 100 BPM

Biasanya lagu pada tempo ini didominasi lagu-lagu yang dipakai oleh grup band ataupun penyanyi solo, lagunya pun terdengar lembut. Ada juga lagu pada tempo ini dibuat agak ngebeat.
Contoh tempo lagu lambat ini seperti yang beraliran Ballad, reggae, RnB, Hip Hop, Pop, Slowrock, Pop Dangdut dan bisa juga Rock. musisi DJ dunia banyak juga memakai tempo ini di Musik Elecktoniknya.

2. Tempo 100 BPM sampai 130

Kisaran pada tempo ini di isi dengan music yang bisa dibilang iramanya sedang, namun ada juga musisi dengan lagu yang rock dan metal pada tempo ini. Apalagi musisi DJ dengan elekronik musik dugem-dugemnya di rentang tempo ini yang paling terasa digunakan.
Untuk contoh tempo lagu sedang di genre musik lain seperti Jazz, dangdut, bisa juga seperti pop.

3. Tempo 130 BPM sampai 200 BPM

Pada rentang ini biasanya lagu bergenre rock dominan menggunakan tempo diatas 130 BPM, bisa juga ada musisi membuat nya menjadi musik dengan lembut pada rentang tempo ini. Musik yang bisa bikin lompat dan bergoyang sangat terasa kalau berada ditempo ini, seperti saja musik hiburan malam di klub atau diskotik, tempo ini membuat musik DJ yang jedag jedug.
Genre lain dari contoh tempo lagu cepat seperti metal, rock dan hardcore/underground dan lainnya mungkin tempo ini terasa musik yang sangar.


Tidak ada standar atapun patokan tempo dalam membuat sebuah lagu, semuanya musisi tentu bebas dengan pilihan tempo masing-masing sesuai dengan ketepatan penyanyinya.
Jangan nantinya mentang-mentang idealis dengan genre rock tapi penyanyi di lagunya ngos-ngosan ketika bernyanyi, begitu juga dengan genre yang lain, sesuaikanlah tempo lagu dengan kemampuan penyanyi ataupun pemain musik lainnya.

Lebih baru Lebih lama

Popular Items